SEO Toko Online: 16 Langkah Untuk Meningkatkan Traffic Dari Mesin Pencari Ke Bisnis Online Anda SEO Toko Online
Hohoho, berjumpa kembali, artikel ini akan dibahas tentang SEO toko online SEO Toko Online: 16 Langkah untuk Meningkatkan Traffic dari Mesin Pencari ke Bisnis Online Anda simak selengkapnya
SEO buat toko online atau ecommerce jauh lebih berselok-belok daripada website lain berupa blog atau website informasi.
Ini atas toko online pada umumnya hanya berisi halaman-halaman komoditas minus berjibun konten lain, dan saya tahu bahwa mesin pelacak menyukai website yang kaya hendak konten.
Lalu apakah pemilik toko online kudu melahirkan berjibun tulisan di setiap halaman?
Tidak juga.
Keberadaan konten memang sangat berpengaruh terhadap SEO. Tapi selain konten, masih berjibun lagi yang bisa dan harus anda lakukan buat website ecommerce.
Dalam bimbingan ini saya hendak membahas 16 teknik SEO yang hendak melahirkan toko online awak kokoh di kaliber atas hasil pencarian.
Oh ya, gaya ini tidak hanya buat toko online tapi semua website yang melego produk/layanan.
SEO pada toko online berbeda dengan blog
Dasarnya sama.
Tapi letak ecommerce membutuhkan afeksi lebih tinggi terutama pada cuilan on-page. Alasannya atas ecommerce melambangkan aliran website yang amat berselok-belok strukturnya.
Panduan SEO buat blog tidak bisa diterapkan di toko online.
Bahkan siap aturan standar kualitas eksklusif dari Google untuk SEO buat ecommerce.
Sebelum memasuki bimbingan ini, kalau awak belum memahami dasar dari SEO silahkan baca bimbingan ini.
1. Sertakan review dari konsumen di jerambah produk
Review komoditas melambangkan salah satu elemen paling vital di jerambah komoditas terkait SEO.
Karena berupa konten yang fresh dan original, review hendak arta jerambah awak dengan keyword. Enaknya, konten review didapatkan menurut otomatis.
Review lagi bakir meningkatkan bakul awak buat bicara kunci “nama produk + review” dan long tail keyword lainnya.
Kalau awak melaksanakan dengan tepat, review berbintang hendak muncul di jerambah pencarian Google.
Sehingga CTR website awak hendak meningkat.
Tapi tidak hanya SEO. Review lagi hendak meningkatkan penjualan anda.
Lihat statistik dari penelitian:
- 63% pengunjung lebih memilih buat membeli di website yang siap review-nya (iPerceptions, 2011)
- Review hendak meningkatkan penjualan komoditas batas 18% (Reevoo, 2013)
- 61% calon konsumen hendak belajar review terlebih dahulu sebelum membeli (Econsultancy, 2012)
Maka dari itulah nyaris semua ecommerce besar melepaskan kolom belah konsumen buat meninggalkan review.
Masalahnya, jarang konsumen yang mau meninggalkan review sejenis itu saja.
Karena itu buat tips meningkatkan review:
- Minta review melalui jerambah komoditas (seperti goresan di atas), dan buat prosesnya oke semudah mungkin
- Berikan insentif belah pemberi review, bisa berupa kupon diskon atau bonus lain
- Kirimkan email. Tapi jangan langsung sehabis membeli, tunggu 3-5 hari sehabis konsumen menerima barang biar mereka bisa mencoba produknya terlebih dahulu
2. Gunakan struktur bahan Schema.org buat jerambah produk
Bandingkan kedua website di hasil pencarian Google ini:
Mana yang lebih menarik buat di-klik?
Kalau awak menebak yang pertama, selamat. Memang berdasarkan analisa didapatkan bahwa hasil pencarian yang memiliki rich snippets lebih berjibun hendak mendapatkan CTR lebih tinggi.
Seperti yang ditunjukkan pada goresan ini.
Warna merah menunjukkan jumlah klik terbanyak.
Untuk bisa mendapatkan goresan bintang, jumlah review, harga, dan sebagainya di hasil pencarian, awak kudu melaksanakan struktur bahan dari schema.org buat produk.
Ada 5 bahan utama yang bisa muncul di hasil pencarian:
- Ketersediaan barang
- Diskon/harga khusus
- Nama komoditas & harganya
- Review dan rating bintang
- Gambar atau video
Memang butuh kemampuan teknikal buat melaksanakan struktur bahan ini, oke kalau awak tidak bisa melakukan sorangan gunakan kebaikan web development.
Sedangkan belah pengguna WordPress buat ecommerce awak bisa menggunakan salah satu plugin ini:
Setelah itu buat tes di Google Structured Data Testing Tool.
3. Gunakan keyword dengan commercial intent pada kop halaman
Judul adalah salah satu elemen jerambah yang amat tinggi efeknya terhadap rangking.
Karena toko online tidak berisi berjibun konten, maka peranan kop menjadi makin penting di website anda.
Makanya sangat penting buat mengoptimasi judul.
Pertama-tama yang kudu awak buat adalah melakukan riset bicara kunci di Google Keyword Planner buat mendapatkan kombinasi bicara yang bagian pencariannya tinggi.
Tips
Lakukan riset buat bicara kunci berupa nama komoditas dan merk produk. Contohnya:
- Merk produk: MacBook Pro
- Nama produk: Laptop (atau notebook)
Merk komoditas digunakan buat jerambah komoditas sebaliknya nama komoditas digunakan buat jerambah kategori (dibahas lebih lanjut di bawah).
Jangan memilih hanya berdasarkan bagian pencarian, tetapi pilih lagi yang memiliki commercial intent.
Tujuannya supaya traffic yang saya dapatkan tepat sasaran.
Commercial intent maksudnya keyword yang digunakan oleh user yang melakukan pencarian dengan tujuan embuh membeli sesuatu.
Dalam contoh goresan di atas, “jual” punya bagian lebih tinggi daripada “beli” dan dalam bahasa Indonesia keduanya memiliki intent yang sama.
Jadi awak bisa menggunakan kop “Jual MacBook Pro …..” buat mendapatkan traffic lebih besar.
Sementara keyword “harga macbook pro” memang memiliki bagian yang tinggi nilai commercial intent-nya lebih aib daripada “jual”dan “beli”.
Meskipun begitu, awak lagi bisa mengoptimasi jerambah komoditas dengan keyword ini.
Seperti yang dilakukan oleh Lazada.
Beberapa contoh bicara di keyword yang memiliki commercial intent:
- Beli (Transactional)
- Jual (Transactional)
- [nama produk] Murah (Commercial investigation)
- [merk produk] Murah (Transactional)
- Harga (Commercial investigation)
- Diskon/promo (Transactional)
- Second/bekas (Transactional)
Baca panduan ini buat mempelajari pengertian istilah tersebut dan 2 search intent lainnya.
4. Buat jerambah pedoman konsumen (buyer’s guide)
Konten sangat berhubungan erat dengan kualitas SEO suatu website. Untuk website toko online, disinilah letak konten anda.
Buyer’s guide atau pedoman konsumen yaitu bimbingan belah calon konsumen di memilih suatu komoditas di kategori tertentu.
Misalnya “panduan memilih keyboard” dari Bhinneka ini.
Jangan keliru antara pedoman konsumen dengan pedoman langkah-langkah membeli barang dari website anda.
Pedoman konsumen yang berkualitas hendak melepaskan bantuan yang luar biasa terhadap kelengkapan SEO dari website anda.
Inilah manfaatnya di hal SEO:
- Merupakan konten berkualitas yang bermanfaat belah pengunjung, sehingga mudah mendapatkan kaliber tinggi.
- Kaya dengan keyword commercial investigation, hendak mengundang berjibun calon pembeli.
- Berpotensi mendapatkan backlink yang hendak meningkatkan otoritas website awak menurut keseluruhan. Ini hendak dibahas lebih lajut di bawah.
Disamping SEO, pedoman konsumen wajib siap di toko online atas sangat merajai penjualan anda.
Di bawah ini beberapa manfaat lainnya:
- Membantu pengunjung menentukan pilihan minus perlu pergi dari website anda
- Meningkatkan kepercayaan calon konsumen kepada anda
- Meningkatkan konversi penjualan
Membuat pedoman pembeli
Karena sangat merajai kualitas website awak menurut keseluruhan, pastikan awak mengikuti tips ini di melahirkan pedoman pembeli:
- Gunakan tone yang profesional tapi tetap terkesan ramah
- Netral dan berupa fakta, tidak memihak suatu komoditas minus alasan yang kuat
- Harus menarik, saya embuh pengunjung belajar dari awal sampai final minus kebosanan
- Sertakan berjibun goresan dan data
- Tidak bertele-tele, singkat, dan kudu mudah disimak
- Pastikan isi kontennya tidak cepat kadaluarsa
5. Berikan elaborasi komoditas lebih dari 250 kata
Di jerambah komoditas inilah pemilik toko online melakukan kealpaan terbesar. Ada berbagai macam kealpaan yang sering dilakukan.
Di antaranya yaitu:
- Terlalu singkat, tidak informatif
- Copy-paste dari elaborasi komoditas resmi
- Kaku
Karena berupa konten, sangat penting buat menyertakan elaborasi komoditas yang kaya dengan informasi.
Sayangnya beberapa pemilik toko online malas buat melahirkan elaborasi sehingga mereka memilih buat menyalin dari website resminya.
Gambar di atas adalah salah satu contoh terbaik yang saya temui.
Halaman komoditas tersebut sama sekali tidak menerangkan apapun selain bicara kunci produknya.
Untuk mendapatkan konten yang baik di jerambah produk, sertakan informasi berupa:
- Kalimat deskripsi
- Spesifikasi produk
- Keunggulan & kekurangan
Halaman ini menjadi jerambah dimana seorang calon konsumen mengambil keputusan akhir.
Karena itu tugas utama awak disini adalah membujuk dan meyakinkan mereka buat membeli.
6. Perkaya jerambah kategori dengan konten
Halaman kategori bisa oke melambangkan jerambah yang amat sering dikunjungi di website anda, melebihi jerambah produk.
Alasannya atas pengunjung yang datang ke jerambah komoditas sebagian besar hendak kembali ke jerambah kategori utama.
Selain itu jerambah kategori lagi hendak mendapatkan berjibun traffic dari mesin pencari.
Ketika user melakukan pencarian “beli laptop”, bukan “beli laptop Asus” maka jerambah kategori andalah yang amat relevan, bukan jerambah produk.
Jadi penting buat mengoptimasi jerambah ini.
Kesalahan terbesar dari kategori adalah hanya menampilkan daftar produknya, minus penjelasan sedikitpun.
Kalau saya lihat di contoh di atas dari Tees.co.id, konten yang disediakan hanya sebaris kalimat otomatis “Kamu alang mencari [kata kunci] di [kategori]“.
Ini tidak melepaskan faedah nyata belah pengguna dan search engine.
Ada beberapa konten yang bisa disertakan di jerambah kategori:
- Deskripsi kategori dan item di kategori tersebut
- Kelebihan berbelanja di tempat anda
- FAQ (Pertanyaan yang sering diajukan)
- Review komoditas mutakhir dari pemilik toko online
- Testimonial dari pembeli
- Versi praktis dari pedoman pembeli, ditambah link ke versi lengkap
- Promo
Selain isinya, kop dari jerambah kategori lagi kudu dioptimasi. Sama seperti jerambah produk.
7. Optimasi struktur URL dan navigasi website
Toko online melambangkan website yang strukturnya amat rumit.
Kalau website awak berupa blog atau portal berita, Google bisa dengan mudah menerka seperti apa strukturnya.
Tidak demikian halnya buat toko online.
Tanpa memiliki struktur yang baik, jerambah yang semestinya penting bisa dianggap tidak penting oleh mesin pencari. Bahkan tidak terindeks.
Struktur website yang payah lagi bisa oke penyebab jerambah duplikat.
Untuk awak yang menggunakan CMS seperti WordPress, Magento, PrestaShop, buat toko online, mestinya awak pernah miring jalan.
Ini atas pembuat CMS tersebut pernah berpikir akan struktur.
Tetapi belah awak yang melahirkan website dari nol, pastikan bahwa anda, developer, dan desainer paham dengan hal ini.
Ketika website pernah oke berarti awak pernah telat. Akan sulit buat mengubah.
Langkah selanjutnya adalah melahirkan strukturnya secara manual. Pasang internal link di setiap konten yang awak buat menuju jerambah yang relevan.
Jangan hanya mengandalkan link yang otomatis.
8. Gunakan breadcrumb
Terkait struktur URL dan website, breadcrumb melambangkan salah satu cuilan terpenting di toko online.
Ada 2 fungsinya:
- Memberitahu struktur hirarki (tingkatan) website kepada search engine
- Memudahkan navigasi pengunjung
Google bahkan menyarankan setiap website ecommerce menggunakan breadcrumb atas memang website tipe ini strukturnya rumit.
Setelah itu jangan lupa gunakan markup Schema.org buat breadcrumb.
9. Periksa dan perbaiki permasalahan jerambah duplikat
Halaman duplikat di toko online seringkali terjadi atas ketidaksengajaan.
Bukan hanya atas copy-paste tapi lagi atas permasalahan teknikal di internal website sendiri.
Secara umum siap 3 kondisi terjadinya jerambah duplikat:
- Tidak menggunakan canonical sehingga URL yang diakhiri dengan query dianggap jerambah yang berbeda. Misalnya /halaman?q=123456 dianggap berbeda dengan /halaman/.
-
Penggunaan elaborasi yang sama pada komoditas yang sejenis. Misalnya baju dengan berbagai-bagai yang sama tapi beda ukuran dan warna.
-
Karena menyalin elaborasi komoditas dari website resmi.
Dalam kondisi kedua dan ketiga, website awak hendak dicap memiliki “thin content” oleh Google.
Kondisi ini menyebabkan website anda berpotensi terkena penalty.
Solusinya, buat monitoring menurut berkala melalui Google Webmaster Tools. Atau gunakan tool ScreamingFrog sebelum terdeteksi oleh Google.
Menemukan duplikat dengan ScreamingFrog
Setelah menginstall programnya, buat crawling ke jerambah website anda.
Kemudian masuk ke tab URI, dan gunakan Filter > Dynamic.
Dari sini hendak terlihat URL mana saja yang membutuhkan canonical di website anda.
10. Integrasikan social media buat mengadakan efek viral
Dalam teori pengembangan website — meskipun diperdebatkan pengaruhnya terhadap SEO — tapi saya tidak bisa mengabaikan peran social media.
Social media melambangkan sumber traffic terbesar kedua sehabis mesin pencari.
Bagi ecommerce, social media bukan hanya sarana mendapatkan traffic tapi lagi sarana membentuk reputasi.
90% user menyatakan mereka hendak mempercayai rekomendasi yang di-share oleh handai mereka (Voltier Digital, 2012)
Orang yang meng-klik dari konten yang di-share 5 kali lipat lebih agak-agak buat melakukan pembelian (Voltier Digital, 2012)
80% kustomer ecommerce menyatakan lebih memilih buat login menggunakan akun social media (Janrain, 2011)
Melihat bahan ini, awak melewatkan peluang yang besar kalau mengabaikan social media.
Lakukan tips ini buat menggabungkan social media:
- Gunakan angkuh Twitter Cards buat produk, akhirnya buat validasi.
- Gunakan angkuh Facebook OpenGraph, akhirnya buat validasi.
- Pasang fitur buat login dan mendaftar dengan akun social.
- Pasang tombol sharing, permudah pengunjung di memberikan link ke social media.
- Berikan hadiah sehabis follow atau like akun anda, bisa berupa diskon.
- Share konten dari kustomer anda. Ajak mereka buat share komoditas yang mereka beli dari awak di aliran foto atau cerita. Setelah itu publish ulang melalui akun anda. Berikan insentif buat memancing.
11. Buat komunitas di di website
Komunitas di di website ini bisa di aliran forum atau platform tanya-jawab.
Mengelola komunitas sebagai cuilan dari website memang tidak mudah. Anda kudu mengurus komunitas ini biar tetap “bersih”.
Artinya kemungkinan awak hendak membutuhkan staff khusus.
Tetapi keberadaan komunitas bisa berdampak positif terhadap SEO menurut luar biasa.
- Banyak konten baru yang muncul menurut otomatis dari user di proses diskusi dan tanya jawab
- Berpotensi mendapatkan backlink
- Meningkatkan otoritas website menurut keseluruhan
Disamping SEO, siap lagi faedah lain seperti:
- Meningkatkan reputasi awak di mata calon kustomer
- Sebagai ajang buat kustomer
- Menjalin ikatan dengan kustomer
Oleh atas alasan-alasan inilah, website ecommerce terbesar Amazon dan marketplace terbesar eBay memiliki forum diskusi.
12. Menangani komoditas yang alang habis dan pernah tidak dijual
Pemilik website selalu menghindari keberadaan jerambah error 404 (not found).
Ketika pengunjung mendapati jerambah ini, maka kemungkinan besar mereka hendak langsung pergi.
Tetapi di website ecommerce masalah ini seringkali justru dibuat sorangan oleh pemiliknya. Terutama atas menghapus jerambah komoditas yang pernah tidak dijual.
Maka dari itu awak perlu mengetahui bagaimana menangani masing-masing komoditas yang alang habis dan komoditas yang pernah tidak dijual lagi.
- Produk yang alang habis – hendak dijual kembali ketika siap stok:
- Jangan hapus halaman
- Berikan berita di jerambah komoditas bahwa stok alang habis
- Tawarkan komoditas lain yang sejenis
- Produk yang pernah tidak dijual lagi, buat salah satu:
- Redirect 301 ke komoditas tipe baru
- Redirect ke jerambah kategori
- Hapus jerambah dan beritahukan ke Google Webmaster Tools (tidak direkomendasikan)
- Gunakan URL-nya buat melego komoditas lain yang sejenis
- Biarkan dan berikan berita bahwa komoditas pernah tidak dijual
13. Berikan navigasi menuju komoditas lain yang sejenis
Bounce rate dari letak toko online selalu rendah, antara 20%-40%.
Artinya pengunjung tidak hanya diam di satu jerambah melainkan membanding-bandingkan dengan komoditas lainnya.
Karena itu sediakan navigasi menuju komoditas lain yang sejenis buat mempermudah mereka di menjelajah letak kita.
Selain memudahkan pengunjung, navigasi ini lagi berfungsi buat membentuk struktur website anda.
14. Jangan lupakan optimasi-optimasi dasar ini
Beberapa optimasi dasar yang tidak boleh awak lewatkan.
- Gunakan goresan dan video di jerambah produk. Jangan lupakan tag “alt” buat gambar.
- Atur URL supaya preskriptif dan mengandung keyword
- Optimalkan kecepatan website
- Gunakan Google Analytics dan Google Webmaster Tools, perhatikan datanya
- Pastikan website awak mobile-friendly
- Gunakan SSL
- Atur jadwal pemeriksaan SEO menurut rutin
15. Buat blog dan buat strategi content marketing
Tidak diragukan bahwa content marketing saat ini melambangkan salah satu aspek utama keberhasilan sebuah bisnis online dan startup.
Alasannya sederhana.
Manusia membeli barang, apalagi menurut online, didasari dengan rasa kepercayaan.
Kita tidak hendak membeli sesuatu dari seseorang atau tempat yang meragukan, dan konten bisa awak manfaatkan buat membentuk rasa percaya.
Dan sebagai ajang konten awak butuh blog.
Anda bisa menggunakan WordPress buat melahirkan blog belah toko online.
Selain meningkatkan kepercayaan, tentunya blog dengan konten yang berkualitas hendak memanas-manasi berjibun backlink menuju website anda.
Karena itu, baca bimbingan ini kini lagi buat membangun strategi content marketing.
16. Lakukan link building dengan gaya ini
Bagi awak yang memahami akan SEO pasti sadar seberapa pentingnya peran backlink terhadap kaliber website awak di mesin pencari.
Tetapi gaya link building belah toko online tidak sama dengan jenis website lainnya.
Ini atas awak tidak punya berjibun konten, kecuali kalau awak melahirkan blog di toko online anda.
Maka dari itu, buat gaya ini buat mendapatkan link minus membutuhkan konten di website awak sendiri.
Link dari foto produk
Halaman komoditas selalu memiliki foto produk, dan foto ini sering diambil oleh blogger-blogger buat konten mereka.
Buatlah foto yang cantik biar berjibun yang menggunakan foto anda.
Beberapa dari mereka hendak memasang backlink ke website awak sebagai sumbernya.
Untuk menemukan siapa yang menggunakan foto anda, gunakan cara yang disebutkan di teknik SEO ini.
Berikan komoditas awak menurut gratis
Hubungi beberapa blogger yang pernah membahas mengenai komoditas yang awak jual.
Kemudian hubungi mereka, tawarkan komoditas awak menurut “gratis”. Dengan imbalan berupa review dan link menuju website anda.
Mention terhadap nama brand atau nama toko online
Ketika nama awak pernah mulai terbangun, hendak siap pemilik-pemilik website yang menyebutkan nama komoditas atau nama toko awak di website mereka.
Meskipun begitu, tidak semuanya menyebutkan di aliran backlink.
Gunakan cara yang dijelaskan di teknik SEO ini, akhirnya buat terhadap brand dan nama website anda.
Guest blogging
Guest blogging melambangkan salah satu cara terbaik buat menjadikan audience dari blog lain sadar dengan keberadaan anda.
Teknik ini, dan 9 gaya link building lainnya dijelaskan di panduan link building.
Program afiliasi
Program asosiasi berarti awak melepaskan komisi belah orang lain yang melego komoditas anda.
Dengan membuka program afiliasi, para pemilik website yang menginginkan penghasilan tambahan hendak mulai mempromosikan komoditas awak di website mereka.
Promosi ini menurut otomatis hendak menghasilkan backlink.
Penutup
Itulah ke-16 gaya SEO buat toko online.
Dengan melakukan semuanya, bisnis awak hendak bisa mendapatkan kaliber yang baik di mesin pencari.
Karena itu pastikan awak melakukan semuanya mulai dari kini menurut bertahap.
Baca lagi beberapa bimbingan ini buat ampu informasi di bimbingan ini.
begitulah detil mengenai SEO Toko Online: 16 Langkah untuk Meningkatkan Traffic dari Mesin Pencari ke Bisnis Online Anda semoga tulisan ini berfaedah salam
Artikel ini diposting pada kategori SEO toko online, cara seo untuk toko online, jasa seo toko online murah, , tanggal 15-09-2019, di kutip dari http://panduanim.com/seo-toko-online/
Komentar
Posting Komentar